Seminar Daring Keperawatan Jiwa “Self-Efficacy Belajar Mahasiswa Selama Daring Di Masa Pandemik Covid-19”

Perubahan paradigma pembelajaran konvensional ke daring, walaupun tidak sulit, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Sebab hal tersebut sangat berhubungan dengan perubahan paradigma budaya akademik. Mahasiswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran daring ini, karena menyangkut budaya akademik, yang meliputi nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, serta kesiapan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan literasi informasi di kalangan mahasiswa. Adanya perubahan paradigma pembelajaran tersebut menyebabkan mahasiswa banyak mengeluh, sebagai bukti ketidaksiapan mahasiswa secara internal dalam menghadapi perubahan ini.

Dalam menyikapi hal tersebut, Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners (PPN) Angkatan VI, dalam rangka kegiatan pendidikan Stase Keperawatan Jiwa menyelenggarakan Seminar Keperawatan Jiwa secara daring yang melibatkan peserta mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Seminar Keperawatan Jiwa ini bertema Self-Efficacy Belajar Mahasiswa Selama Daring Di Masa Pandemik Covid-19”, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Juli 2020, Pkl. 09.00 s.d 12.00 WIB dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegitan seminar daring ini yaitu Shella Febrita Puteri Utomo, S.Kep., Ners., M.Kep (Dosen Keperawatan Jiwa) yang menyampaikan materi mengenai “Strategi Meningkatkan Self-Efficacy dalam Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19”. Serta narasumber kedua yang berasal dari mahasiswa PPN Angkatan VI yaitu Irwan Gunawan, S.Kep, yang membawakan materi mengenai “Literatur Review Self-Efficacy Belajar Mahasiswa Selama Daring di Masa Pandemik Covid-19”. Pada awal kegiatan, seminar keperawatan jiwa daring ini di buka oleh Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners

Seminar keperawatan jiwa daring ini dihadiri oleh sebanyak 80 orang peserta mahasiswa yang berasal dari jenjang Profesi Ners, Sarjana Keperawatan Program Reguler, Sarjana Keperawatan Program Alih Jenjang dan Vokasi Diploma III Keperawatan. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa secara daring selama pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *