Kuliah Pakar “Implementasi Electronic Medical Record: 3S (SIKI, SDK, SLKI)”

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat masif perlu ditindaklanjuti secara cepat. Dokumentasi keperawatan yang masih bersifat manual perlu juga mengalami penyesuaian pendekatan sehubungan denganm perkembangan teknologi saat ini. Terlebih lagi, dengan telah masuknya pada era revolusi industri 4.0 seluruh bidang kesehatan dan keperawatan juga perlu menyesuaikan diri.

Dalam menyikapi hal tersebut, maka Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners STIKes ‘Aisyiyah melaksanakan kuliah pakar untuk membahas salah satu topik dalam perkembangan teknologi terutama pada proses keperawatan yaitu tahap dokumentasi keperawatan.

Kuliah pakar ini merupakan kuliah pakar yang difasilitasi melalui salah satu mata kuliah yang ada di pendidikan sarjana keperawatan yaitu Mata Kuliah (MK) Sistem Informasi Keperawatan. Kuliah pakar secara daring ini bertajuk “Implementasi Electronic Medical Record: 3S (SIKI, SDKI, SLKI)”, dilaksanakan melalui aplikasi Microsoft Teams pada hari Sabtu, 27 Juni 2020, Pkl. 09.00 s.d 12.00 WIB. Kegiatan kuliah pakar daring ini dibuka oleh Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners yaitu Ns. Angga Wilandika, M.Kep.

Narasumber yang dihadirkan yaitu Ns. Rahayu Nawangwulan, M.Kep, Manager Keperawatan RS Annisa Tangerang, dan dimodatori oleh Ns. Rahmat, M.Kep, selaku Koordinator MK Sistem Informasi Keperawatan. Sejumlah 130 orang tercatat sebagai peserta kegiatan baik yang berasal dari mahasiswa keperawatan jenjang sarjana (program reguler dan alih jenjang), profesi, maupun vokasi. Selain itu, hadir juga beberapa orang dosen keperawatan sebagai undangan untuk mengikuti kegiatan ini.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan kuliah pakar daring ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai perkembangan keilmuan dalam dunia keperawatan, terutama bagi mahasiswa yang nantinya akan lulus dan menjadi seorang perawat profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *